Napoleon Mati kenapa sih???

Menurut para peneliti dari Universitas Milano-Biccoca dan Universitas Pavia,Italia,Kematian Sang Kaisar Perancis,Nalpoleon bukan akibat dari Keracunan Arsenik.

Untuk membuktikan pernyataan tersebut,Para peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan reaktor nuklir kecil di laboratorium Institut Fisika Nuklir Nasional Italia(INFN). Para peneliti menguji kadar merkuri lewat sampel rambut Napoleon dari ketika ia masih kecil di Corsica pada tahun 1770,sampel rambutnya ketika di pengasingan di pulau Elba,dan pada hari kematiannya ,5 mei 1821 di pulau Saint Helena ,sebagai perbandingan,peneliti juga menguji sampel rambut dari Napoleon Francis Joseph Charles,putra tunggal Napoleon yang diangkat menjadi kaisar Roma pada tahun 1812,1816,1821,dan 1826.Mereka Juga menguji sampel rambut dari istri napoleon,Maharani Josephine yang diambil pada tahun 1814 .Selain beberapa sampel rambut-rambut bersejarah tersebut, masih ada pula beberapa sampel rambut ,manusia lainnya yang digunakan sebagai bahan pembanding.

Sampel-sampel tersebut kemudian dimasukkan ke dalam kapsul dan dan dimasukkan ke dalam inti reaktor nuklir di Pavia.Teknik pengujian yang disebut sebagai aktivasi neutron itu memiliki 2 keuntungan besar,yaitu: sampel yang digunakan tidak akan mengalami kerusakan dan menyediakan hasil yang sangat tepat bahkan untuk sampel yang memiliki massa yang sangat kecil seperti sehelai rambut manusia.

Dengan teknik ini,peneliti tersebut menemukan hasil yang sangat mengejutkan,yaitu kadar arsenik dalam rambut abad ke 19 tersebut memiliki kadar arsenik 100 kali lebih tinggi dibandingkan dengan kadar arsenik pada rambut manusia sekarang .

Rambut sang Maharani misalnya, memiliki kadar arsenik 10 ppm padahal,kadar arsenik pada manusia sekarang ,kadar arsenik hanya 0,1 ppm dalam hal ini,berarti Napoleon dan penduduk pada abad 19 mangalami paparan arsenik yang cukup tinggi dari lingkungannya yang dalam ukuran sekarang,merupakan kuantitas yang sangat berbahaya.

Penemuan lain adalah bahwa ternyata kadar arsenik dalam tubuh napoleon pada waktu kecil hingga pada waktu kematiannya di pulau Helena bukan merupakan hasil dari peracunan,melainkan merupakan hasil dari penyerapan secara konstan dalam waktu lama.

Penyebab kematian Napoleon apakah alami atau tidak tentu masih harus dibuktikan dengan dengan kajian-kajian lain dengan bukti lain yang lebih kuat.Lagipula,bergantung pada setiap orang,percaya atau tidak pada bukti yang ada.

Episode kematian Nepoleon tentu tidak akan berhenti sampai di sini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: